Breaking News

Jumat, 17 Oktober 2014

Membuat Akronim/Singkatan pada WEB

akronim

Assalamu'alaikum...
Hello sahabat E-Weblog? gimana kabar kalian? moga baik-baik saja ya.
Kali ini admin ingin berbagi ilmu tentang penggunaan akronim/singkatan pada teks. Kalian pasti pernah melihat sebuah kata yang apabila disorot akan muncul tulisan pelengkapnya. Ya seperti itu akronim yang akan admin jelaskan. Daripada kelamaan kita langsung aja yuk ke materi. :-)
Akronim
Untuk menuliskan suatu dokumen atau beberapa istilah kita terkadang menggunakan singkatan (akronim). Untuk menuliskan singkatan, ada tag html yang di gunakan yaitu Tag <abbr> dan Tag <acronym). Tag tersebut digunakan untuk menyimpan data kepanjangan dari suatu singkatan yang ditampilkan dalam dokumen tersebut. Atribut yang digunakan yaitu title. Sintaks penulisannya : 
<abbr title="Kepanjangannya">singkatan</abbr>
<acronym title="Kepanjangannya">singkatan</acronym>
Ketika menggunakan tag diatas, maka pada saat mouse pointer kita berada diatas singkatan tersebut yang di tampilkan di browser web, maka kepanjangan dari singkatan tersebut akan di tampilkan mengambang di atasnya.
Untuk lebih jelasnya kalian bisa ketik nih script:
 <!DOCTYPE html>
<html>
<head>
<title>Contoh Penggunaan Akronim</title>
</head>
<body>
<abbr title="World Wide Web">WWW</abbr> adalah halaman-halaman website yang dapat saling terkoneksi satu dengan lainnya (hyperlink) yang membentuk samudra belantara informasi.
<br>
<acronym title="Hypertext Transfer Protocol">HTTP</acronym> adalah protokol yang digunakan untuk mentransfer dokumen dalam World Wide Web (WWW)
</body>
</html>

Jika sudah maka apabila di tes pada browser akan tampil seperti ini:
hasil akronim

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2014 E-Weblog | Designed By VungTauZ.Com