Breaking News

Senin, 29 September 2014

Heading dan Horizontal Ruler (HTML)

Heading & Horizontal Ruler

Hello, kawan E-Weblog?
Pada kesempatan ini, admin akan meneruskan lanjutan dari posting Pengenalan HTML. Materi kali ini yaitu tentang Heading dan Horisontal Ruler. Ini adalah tag yang digunakan dalam menulis sebuah judul dan sub judul dalam HTML. Bagaimana bentuknya itu, mari kita simak sama-sama. :-)
  • Heading, tag heading <hx> digunakan untuk memformat judul dan sub judul dari suatu halaman web. Heading ini akan memperbesar ukuran huruf untuk setiap heading. Ada enam heading yang dikenal HTML. Yaitu dari <h1> sampai <h6>. Tag ini memiliki atribut : [left | center | right]. Untuk lebih jelasnya bisa ketikan code ini di notepad++ atau bisa juga bisa dengan Adobe Dreamweaver.
 <html>
<head>
<title>Contoh Penggunaan Heading</title>
</head>
<body>
<h1>Ini Heading 1</h1>
    <h2><center>Ini Heading 2</center></h2>
    <h3>Ini Heading 3</h3>
    <h4>Ini Heading 4</h4>
    <h5>Ini Heading 5</h5>
    <h6>Ini Heading 6</h6>    
</body>
</html>

Apabila sudah menulis seperti diatas, langkah selanjutnya save-as file dengan ekstensi .html, kemudian cek hasilnya dengan klik file tersebut dan lihat tampilan yang tampak dibrowser. Apabila seperti berikut berarti penulisan kawan sudah benar :-)
Heading

  • Horisontal Ruler.  Tag horisontal ruler <hr> berfungsi untuk menampilkan garis horisontal tiga dimensi didalam halaman web. Tag ini tidak memerlukan elemen penutup </hr>. Atribut elemen <hr> yaitu : align = [left | center | right], size = pixel (tebal garis, default 2), width = panjang (lebar garis,pixel atau persen, default 100%), noshade (garis solid). Untuk jelasnya bisa ketikkan latihan berikut :

<html>
<head>
<title>Penggunaan Horisontal Ruler</title>
</head>
<body bgcolor="#0066FF" text="#FFFFFF">
<h1><center>::- Belajar Horisontal Ruler -::</center></h1>
        <hr width="100%" size="5px" align="center">
</body>
</html>

maka hasilnya akan seperti ini :
Horizontal Ruler

Mungkin sekian dulu yang bisa E-Weblog infokan, tetap kunjungi blog ini untuk melihat postingan selanjutnya yang tak kalah penting.
Sayonara :-)
Salam NetBie...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2014 E-Weblog | Designed By VungTauZ.Com